Biodata Lengkap Robin Van Persie

Edge-canopy.com – Robin van Persie adalah pesepakbola yang bermain untuk klub Manchester United dan berposisi sebagai penyerang. Persie lahir di Rotterdam, Belanda dari sebuah keluarga seniman. Ayahnya seorang pemahat patung dan ibunya adalah seorang pelukis serta desainer perhiasan.

Diharapkan bisa meneruskan karir orangtuanya, van Persie semakin pilih untuk memperdalam dunia sepakbola dibanding dunia seni. Di umur lima tahun, van Persie masuk dengan club area lahir SBV Exelcior. Dia tinggalkan Exelcior pada umur 15 sebab ada perselisihan pelatih dengan ibunya.

Biodata Lengkap Robin Van Persie

Van Persie memilih bergabung dengan club area lahir yang semakin banyak, Feyenoord. Baru bergabung di umur 15, van Persie telah ditarik ke team penting di umur 17 sebab ada badai luka yang menghajar team utama. Diakhir musim 2001-2002 van Persie mendapatkan penghargaan KNVB Best Young Talenta dan menandatangani kontrak profesional 3.5 tahun pada musim setelah itu.

Dia pernah diasingkan untuk bela team reserve sebab berkelahi dengan pelatih Bert van Marwijk. Bert van Marwijk tidak suka dalam bahasa badannya waktu van Persie ditukar di pertandingan semifinal UEFA Super Cup 2002 melawan Real Madrid. Selama musim itu van Persie bermain dengan 28 pertandingan serta cetak 8 gol.

Pada musim terakhir kalinya bersama-sama Feyenoord, van Persie terus berkonflik dengan van Marwijk. Ini berbuntut pada tidak berhasilnya kesepakatan kontrak baru van Persie. Pada musim ini, 2003-2004, van Persie banyakkali mengawali laga dari kursi cadangan. 3 musim di Feyenoord, van Persie sukses memberi sumbangan piala UEFA Cup.

Pernah alami kekurangan peminat sebab karakter van Persie yang pemberontak, pada akhirnya dia dikontrak oleh Arsenal di 17 Mei 2004 dengan biaya 2.75 jt Pounsterling. Dia diprediksikan untuk alternatif jangkan panjang untuk Dennis Bergkamp yang ketika termakan umur. Arsene Wenger juga mengubah tempatnya dari striker sayap jadi striker tengah.

Pada musim pertama kalinya yakni 2004-2005, dia banyak habiskan waktu di kursi cadangan sebab van Persie harus juga berkompetisi dengan striker asal Spanyol, José Antonio Reyes. Dia mendapatkan kartu merah pertama kalinya pada musim ini, diberi hukuman semasa 4 pertandingan, dan mendapatkan luka.

Van Persie memulai musim kedua-duanya dengan lumayan bagus sebab cetak 8 gol dengan 8 pertandingan yang membuat mendapatkan Arsenal Player of the Month pertama kalinya. Van Persie mendapatkan ekstensi kontrak semasa lima tahun. Sayang dia mendapatkan luka patah jemari kaki yang membuat pernah bermain dengan sepatu yang dilubangi untuk kurangi rasakan sakit.

Dia mendapatkan penghargaan Rotterdam Sportsman of the Year di tahun 2006. Satu golnya di tahun itu sukses dikukuhkan untuk BBC Sport’s Goal of the Month untuk bulan September. Di Arsenal, van Persie lumayan banyakkali alami luka yang sempat memaksanya mangkir semasa lima bulan.

Paska kepindahnya Thierry Henry ke Barcelona, van Persie dipercaya jadi penyerang utama di musim 2007-2008. Pada musim itu, satu golnya menjadi lagi BBC Sport’s Goal of the Month untuk bulan Desember. Pada musim ini juga van Persie mendapatkan penghargaan Arsenal Player of the Month keduanya.

Perpanjang kontrak pada 2009, van Persie terus bermain untuk membantu Arsenal mendapatkan piala yang tidak pernah dicapai kembali lagi semenjak 2005. pada musim 2011-2012, van Persie diplot jadi kapten Arsenal sesudah pindahnya Cesc Fàbregas ke Barcelona. pada 4 Juli 2012, van Persie putuskan tidak untuk perpanjang kontrak dengan Arsenal.

pada 17 Agustus 2012, van Persie geser ke Manchester United dengan harga 22.5 jt Poundsterling sesudah jalani 277 pertandingan serta cetak 132 gol di semua tempat. Di Manchester United, dia dikasih nomor jersey 20 sesudah diyakinkan asisten pelatih Rene Meulensteen jika kehadirannya akan datangkan gelar Premier League ke 20 Manchester United.

Baca juga: Situs Jadwal Bola

Kecuali sukses di level club, van Persie lumayan sukses di karier tim nasional, Dia telah bermain untuk tim nasional Belanda umur 17, 19, serta 21. Van Persie sendiri sekarang ini adalah teratas skorer tim nasional dengan 41 gol dari 78 caps. Di gelaran kwalifikasi Piala Dunia 2014 Brasil, van Persie jadi teratas skorer dengan 11 gol.